Apakah tepat masuk sekolah pilot di 2021?

Sejak awal 2020, ketika pandemi COVID19 menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, industri penerbangan termasuk industri yang terkena dampak paling parah.

Penumpang ada yang takut untuk terbang atau ada juga yang mau terbang tapi kesulitan karena persyaratan terbang yang rumit (harus rapid tes atau PCR dulu, bawa dokumen ini itu, dan wacana terbaru adalah harus menunjukan sertifikat vaksin).

Belum lagi, hampir semua negara mengeluarkan regulasi-regulasi baru terkait pembatasan masuk bagi warga negara asing.

Tak pelak jika kita mendengar banyak maskapai yang merumahkan pegawainya termasuk pilot-pilot mereka.

Prospek 2021

Dengan situasi seperti ini, banyak yang bertanya “bagaimana prospek kedepannya? Apa di 2021 masih cocok masuk sekolah pilot?”

Begini pandangan kami, tim Sekolah-Pilot.com

Betul bahwa pandemic COVID19 adalah peristiwa luar biasa yang membuat sektor penerbangan hampir kolaps. Sejauh ini tidak ada yang bisa prediksi dengan tepat, sampai kapan kondisi ini akan membaik.

Yang terbaru, International Air Transport Association (IATA) mengatakan perjalanan udara secara global baru akan pulih di 2024.

Namun jika kita lihat perkembangannya, sejak awal tahun 2021, semua negara berlomba untuk segera mem-vaksin penduduk mereka agar terbentuk herd immunity dan ekonomi dapat kembali berjalan.

Herd immunity adalah ketika 70 persen warga sudah divaksin dan memiliki antibodi terhadap COVID-19, dipercaya wabah virus Corona akan segera teratasi.

Lihatlah kota Wuhan, China, yang disebut-sebut sebagai tempat awal virus ini menyebar, sekarang warganya sudah mulai beraktivitas hampir normal.

Selain karena sebagian besar penduduknya sudah divaksin, protocol kesehatan tetap diberlakukan.

Indonesia pun menginginkan hal yang sama.

Tapi butuh waktu bagi negara kita, yang penduduknya sekitar 280 juta orang, untuk mencapai herd immunity.

Dilansir dari Detik.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap Indonesia bisa mencapai herd immunity pada Maret 2022 mendatang. Namun, ini bergantung pada jumlah ketersediaan vaksin sehingga bisa dipecepat agar bisa terbentuk pada (akhir) 2021.

Dengan begini, perlahan penduduk bisa kembali beraktivitas normal, ekonomi kembali berjalan, dan orang bisa berpergian seperti dulu.

Jadi jika ditanya apakah di 2021 masih cocok masuk sekolah pilot? Sebaiknya lihat perkembangan di awal 2022, bagaimana proses vaksinasi dan situasi di Indonesia.

Jika tanda-tandanya membaik, silakan pertimbangkan masuk sekolah pilot. Jika kondisinya masih sama seperti di 2021 ini, sebaiknya tunda dulu.

 

Selingan:

Yes, kami juga dengar, ada beberapa orang yang bilang, industri penerbangan akan kembali setelah pandemi COVID19 ini berakhir, jadi sebaiknya masuk sekolah pilot sekarang.

Well, menurut kami, ini saran yang kurang tepat.

Setelah pandemi berakhir, butuh waktu beberapa tahun (mungkin 2-3 tahun atau lebih) sampai kondisi balik ke sebelum pandemi.

Jika Anda sekolah pilot sekarang (di 2021), 1 – 2 tahun Anda pendidikan, saat lulus jika kondisi masih seperti sekarang, maskapai tidak sedang buka lowongan. Yang ada malah mereka mau kurangi pilot-pilot yang ada.  

So lagi-lagi kami tekankan, harap sabar. Tunggu hingga kondisi membaik baru mulai sekolah pilot. 1-2 tahun Anda pendidikan. Sesudah itu, dengan kondisi pasar yang sudah membaik, kesempatan Anda untuk dapat kerja setelah lulus jadi lebih tinggi.

Hal yang dapat Anda lakukan saat ini yaitu lakukan persiapan untuk masuk sekolah pilot terlebih dahulu, misal:

tes MEDEX
Misal (amit-amit) ada yg kena TBC -> bisa pengobatan, jadi dalam 6 bulan -1 tahun udah clear dan bs lolos medex

– tes bahasa inggris (TOEFL / IELTS)
Jadi kalau ada nilai yang masih belum mencukupi, bisa les intensif dari sekarang.

Tes medex berlaku 1 tahun dan tes TOEFL/IELTS hasilnya berlaku untuk 2 tahun so kalau tahun depan situasi sudah membaik dan Anda sudah tes, hasil yang ada bisa dipakai dan Anda bisa mulai segera sekolah.

 

Copyright © 2021 – Sekolah-Pilot.com