MEDEX_PilotMedical Examination (Medex) adalah istilah dari tes kesehatan bagi calon siswa penerbang/pilot.  Medex tidak hanya dikhususkan bagi calon siswa saja, tetapi juga bagi para pilot, pramugari/pramugara serta flight engineer/teknisi yang dalam pekerjaanya berhubungan dengan pesawat udara secara langsung. Untuk Indonesia, medex dilaksanakan di Balai Kesehatan Penerbang (Hatpen) di Kemayoran, Jakarta Pusat (lokasi Hatpen di Google Maps)

Prosedur MEDEX

Hal- hal yang akan dilakukan ketika medex antara lain :

1. Cek Laboratorium

Meliputi cek darah dan urine untuk mengetahui antara lain kadar kolesterol, asam urat, trigliserida, haemoglobin, dan lain2.

2. Tes Audiometri

Semacam tes pendengaran untuk mengetahui pendengaran kita masih normal/tidak.

3. Cek Gigi Cukup jelas.

Yang pasti gigi tidak boleh ada yang bolong. Usahakan tambal semua gigi yang bolong. Penggunaan behel/kawat dibolehkan, begitu juga dengan gigi palsu dan gigi ompong juga boleh.

4. Cek Mata

Penggunaan kacamata sebenarnya dibolehkan, namun dengan batasan2 tertentu (silahkan konfirmasi dengan FS untuk mengetahui batasan yang dibolehkan, karena masing2 FS bisa jadi menetapkan standar yang berbeda). Mata yang sudah di Lasik (laser) dibolehkan.

5. Rontgen

Rontgen (x-ray) biasa saja. Mungkin tujuannya biar mengetahui kalau ada apa-apa dengan paru-paru Anda.

6. ECG/Tes Jantung

Badan akan dipasangi kabel-kabel lalu kita disuruh tiduran sekitar 15 menit. Pengecekan juga bisa dilakukan sambil lari di treadmill (kabelnya tetap dipasang untuk merekam kondisi jantung Anda).

7. Cek Fisik

Bagi beberapa orang ini termasuk yang paling menegangkan karena selama pemeriksaan berlangsung kita hanya menggunakan celana dalam/boxer saja (saya gak tau prosesnya kalo cewe gimana). Ketika tes fisik kita akan ditanya riwayat pernah mengalami penyakit2 tertentu, pernah kecelakaan sampe menyebabkan patah tulang atau tidak, dan lain2.

8. EEG

EEG atau Elektro Ensefalografi adalah prosedur mengetahui apakah kita mempunyai kelainan otak atau kejiwaan. Jadi kepala kita akan dipasang kabel2 juga mirip ECG, kita juga harus berbaring, mesti rileks, tutup mata tapi jangan sampai ketiduran. Kalau sampai ada posisi yang tidek rileks, bisa2 proses diulang dari awal lagi.

Note: Untuk EEG, tidak dilaksanakan di Hatpen, melainkan di Lakespra MT Haryono atau di RDPAD Gatot Subroto. Hatpen akan memberikan surat rekomendasi untuk EEG apabila proses medex yang lain sudah dilewati.

 

Biaya

Biayanya: 1,9 juta. --> ini biaya tahun 2015

Info PENTING! MEDEX bisa selesai dalam 1 hari, syaratnya Anda HARUS datang PAGI-PAGI sekali!

Datanglah jam 6 (maksimal jam 7 pagi) dan ambil nomor antrian dulu. Jika Anda dapet nomor antrial awal, proses medex hanya paling 2-3 jam so jam 12 siang sudah bisa keluar hasilnya, bentuknya sertifikat kecil warna kuning, berlaku selama 12 bulan untuk calon siswa penerbang.

 

3 Penyakit Pantangan!

Ada 3 penyakit utama yang membuat Anda PASTI tidak lolos MEDEX:

  1. Sakit jantung
  2. Buta warna (baik partial atau full)
  3. Epilepsi (ayan)

Jika Anda punya salah satu penyakit diatas, mohon maaf, Anda tidak bisa jadi pilot. Sebaiknya pilih bidang lainnya.

FAQ

  • q-iconGimana kalau gigi saya bolong atau ada yang ompong?

    Gigi yang bolong HARUS ditambal sebelum MEDEX. Gigi yang ompong maksimal 3.

  • q-iconGimana kalau saya pernah kecelakaan/patah tulang/ada bekas luka?

    Mesti di cek dulu karena dokternya yang nanti menentukan.

  • q-iconGimana kalau saya perokok?

    Mesti di cek dulu karena dokternya yang nanti menentukan.

  • q-iconTinggi saya kurang dari 160 cm

    Tidak masalah karena nanti dokter akan menentukan apakah kamu masih ada kesempatan untuk tambah tinggi lagi/tidak. Jika ya, besar kemungkinan kamu tetap bisa sekolah pilot.

  • q-iconGimana untuk urusan berat badan?

    Untuk masalah berat badan, sebaiknya miliki berat badan ideal! Jika kamu kelebihan berat badan, kamu pasti diminta untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu. Apakah berat badan saya ideal? Cek disini.

  • q-iconGimana kalau mata saya minus/silinder?

    Batasan yang masih ditoleransi adalah  minus 3 dan silinder 1. Jika lebih dari itu kami sarankan untuk lasik.