Berapa Sih Gaji Pilot di Indonesia?

Pilot disebut-sebut sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia, katanya sih bisa sampai 70 jutaan per bulan. Apa bener sih? Singkatnya, Ya tapi…

Ada beberapa faktor yang menentukan gaji seorang pilot, antara lain

  1. Maskapai penerbangan tempat ia bekerja.
  2. Total jam terbang
  3. Masa kerja dan tingkatan/pangkat/jabatan masing-masing

Nah, oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak langsung tergiur dan berharap untuk langsung dapat gaji yang katanya 50-70 juta per bulan setelah lulus dari sekolah pilot.

Pasalnya, kamu tidak langsung mendapatkan pangkat tertinggi sebagai Captain, melainkan melewati tahap demi tahap jenjang karir di penerbangan.

Jenjang Karier Pilot

lni dia perkiraan gaji pilot di Indonesia berdasarkan jabatan:

1. Second Officer (SO)

SO inilah jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot di dunia penerbangan. Pada umumnya, SO ini baru diizinkan untuk menerbangkan pesawat berukuran kecil dan tentunya masih didampingi oleh Kapten. Kisaran gaji untuk FO ini yaitu 15-20 juta. Apabila SO ini mengambil lisensi ATPL & ME dan memenuhi jumlah jam terbang tertentu, ia bisa naik jabatan menjadi Copilot, dan kemudian Captain.

2. First officer (FO) (atau lebih dikenal sebagai Co-pilot).

Tugas co-pilot yaitu menerbangkan pesawat dengan supervisi dari seorang Captain/komandan penerbangan. Co-pilot ini duduk tepat disamping kapten. Kisaran gaji untuk Co-Pilot ini yaitu 30-40 juta.

3. Captain atau komandan/kapten.

Captain inilah yang bertugas mengawasi Co-Pilot dalam menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab terhadap segala sesuatnya sesuatunya selama masa penerbangan. Penghasilan pilot di Lion Air rata-rata 45 juta/bulan.

Tidak jauh berbeda, Garuda Indonesia juga memberikan gaji pokok kepada pilot-pilotnya sebesar 47,7 juta per bulan. Begitupun dengan Sriwijaya Air, AirAsia, Citilink, dan maskapai penerbangan top lainnya.

 

Trus yang bisa gajinya sampe 70 juta apa donk? Captain yang punya jam terbang ribuan jam. Setelah menjadi captain beberapa tahun, lambat laun gaji Anda pun meningkat seiring dengan bertambahnya jam terbang dan pengalaman Anda.

Kalo dihitung-hitung tetap oke banget lah! Coba deh, berapa banyak profesi yang bisa kasi gaji segitu besar coba? Gaji direktur perusahaan pada umumnya aja kalah!

So mau jadi pilot? Ini pilihan sekolah pilot yang bisa kamu pertimbangkan.

Copyright © 2021 – Sekolah-Pilot.com